Sabtu, 21 Januari 2012

METODE TBA PLUS


REFORMASI METODE PEMBELAJARAN ALQUR'AN

Banyak metode pembelajaran Al-qur'an yang saat ini berkembang bak jamur di musim hujan, mulai dari metode Bagdadiyyah, Tilawati, Iqro, al-Hiro dan beberapa metode lainnya. Kehadiran metode-metode ini semua tidak lain karena didorong oleh niat dan ketulusan para penemu metode pembelajaran al-Qur'an sesuai dengan pengalaman yang yang dijumpai di tengah-tengah masyarakat di Tanah Air untuk membantu saudara muslimnya dalam mengentaskan buta aksara al-qur'an. Karya cipta ini juga yang telah membantu memberikan solusi kepada masyarakat Islam yang masih sangat minim kemampuan mereka dalam hal kepahaman akan ilmu-ilmu al-Qur'an.

Ternyat memang harus diakui bahwa usaha ini memberikan hasil yang cukup signifikan. Kita dapat saksikan betapa repolusi yang ada sekarang ini bahwa proses belajar al-quran sudah sangat efektif dan dapat dikatakan lebih cepat dari metode yang ada sebelumnya.

Begitupun halnya dengan Metode TBA Plus yang merupakan salah satu produk terbaru dari bentuk reformasi pembelajaran al-qur'an. Kalau dulu untuk bisa membaca dan mengerti hukum tajwid dan kenal dengan istilah dalam qiro'ah sab'ah memerlukan waktu bertahun-tahun. Dan bahkan kebanyakan tidak sampai selesai tuntas mempelajarinya, hanya sampai pada level tahsin (bacaan yang baik) belum mengenal hukum-hukum tajwid dalam qiro'ah. Hal inilah yang menjadi nilai PLUS dari metode TBA PLUS ini, walaupun hanya bersifat selintas akan tetapi sangat besar manfaatnya bagi para pembaca al-qur'an untuk lebih menyempurnakan kualitas bacaan dan pengetahuan akan hukum-hukum tajwid dalam Qiro'at al-Qur'an.

Harapan kita semoga dengan lahirnya metode TBA PLUS ini dapat membantu umat Islam yang ingin pandai membaca al-qur'an dengan ketepatan bacaannya dalam waktu yang relatif singkat, dan sekaligus dapat menambah kemahiran dalam membaca al-qur'an. by Al-Rasyid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar